Mengiris dengan Shinkansen

Hei, that's me!
Standard

Lho, Shinkansen bukannya nama kereta cepat di Jepang?

Memang betul, tetapi bisa juga digunakan sebagai pisau. Bukan sembarang pisau untuk memotong sayur, tetapi mengiris Jepang secara cepat dan efisien.

Begini maksud saya, rute kereta api tersebut membentang dari utara ke selatan Jepang. Sebagian besar kota dan desa yang memiliki daya tarik wisata dilalui oleh rangkaian kereta tersebut. Sebagai pengguna JR Pass, haram bagi saya bila tidak mengeksploitasinya secara habis-habisan. Disamping itu, saya terkatung-katung tidak punya tempat untuk melepas lelah hingga jam sembilan malam. Dengan bawaan 1 ransel besar dan 1 kopor kecil plus tas kamera, rasanya merepotkan sekali untuk saya bawa menjelajah kota. Memasukkan ke loker koin yang ada dihampir setiap stasiun besar tidak tega, berhubung saya membawa 1 Macbook Pro, 1 Ipad dan 1 kamera DSLR. Walau keamanan di sana jauh lebih baik dari negeri sendiri, tetap saja rasa tidak tenang akan menghantui saya. Kemudian ada aspek cuaca yang sangat moody di awal musim panas ini. Terkadang cerah sekali, tiba-tiba mendung berangin lalu hujan lebat. Padahal semua gadget saya tidak anti air.

Kota-kota yang dilalui Shinkansen

Kota-kota yang dilalui Shinkansen

Atas pertimbangan semua hal tadi maka saya dedikasikan hari kedua di Jepang untuk melakukan irisan memanjang, mengobservasi budaya dan cara hidup masyarakatnya dari kota megapolitan hingga ke desa terpencil dibalik bukit. Disinilah gunanya Shinkansen sebagai pisau. Saya hanya perlu duduk manis di dekat jendela, biarkan Hikari yang melaju dari Tokyo hingga Kagoshima-Chuo (ke arah selatan) dan dari Tokyo ke Shin Aomori (ke arah utara).

Disinilah kenikmatan sejati kepemilikan JR Pass yang saya beli di Jakarta seharga 28.000 yen (sayangnya tahun ini agen penjualnya hanya menerima uang rupiah sesuai kurs maskapai, yang dalam hal ini lebih mahal Rp. 8-10,- dengan kurs normal). Saya hitung-hitung, sekali perjalanan Tokyo-Osaka saja tiket regularnya seharga 14 ribuan yen, jadi hanya dengan pergi bolak-balik saja nilai JR pass sudah terlampaui. Maka perjalanan saya lainnya menggunakan JR Pass bisa dianggap gratis.

Dengan mantap saya membeli satu paket bento untuk dimakan dalam Hikari, lalu melangkah cepat ke peron menuju cetakan garis antrian untuk masuk ke gerbong 2. Karena gerbong 1-5 dialokasikan untuk yang unreserved, artinya kita bebas pilih kursi. Untung saja masih ada waktu sekitar dua puluh menitan hingga Hikari berikutnya datang. Sehingga saya bisa menempati baris antrian terdepan. Tujuannya supaya saya lebih leluasa memilih tempat duduk. Jangan khawatir, walau saya repot dengan bawaan sehingga akan melambatkan proses naik ke kereta, tidak akan disela oleh orang Jepang. Mereka sangat menghargai budaya mengantri.

Antri di dalam garis biru

Antri di dalam garis biru

Selama menunggu, sudah dua kali Nozomi lewat dengan cepat dan anggun. Inilah sedikit kekurangan JR Pass, tidak bisa digunakan untuk kereta tercepatnya. Tetapi saya tidak mengeluh, toh saat ini sedang liburan dan justru saya ingin menikmati prosesnya. Kaki dan pundak mulai kebas, untung saja terdengar pengumuman dalam bahasa Jepang. Saya tidak tahu apa artinya, namun telinga menangkap kata-kata ‘Hikari’, dan papan pengumuman jadwal kereta berikutnya menunjukkan warna merah (warnanya Hikari, Nozomi kuning dan Kodama hijau) yang berkedip-kedip, tahulah saya keretaku akan segera tiba. Setahun yang lalu adalah terakhir kalinya menikmati Shinkansen, sehingga terbangun sedikit antisipasi dan kegembiraan ketika melihat moncong Hikari disudut tikungan. Yess! I’m back.

Dibelakang saya sudah ada sekitar tujuh orang yang mengantri dengan sabar dan santun. Walau ingin segera masuk, namun jangan sekali-kali berperilaku grasa-grusu bila berhubungan dengan kereta api Jepang. Risiko ditanggung sendiri. Risiko malu karena pasti akan ditegur petugas stasiun dan risiko terluka disambar badan kereta. Dengan tenang namun tangan kanan siap mengangkat kopor, aku menunggu sampai pintu yang sesuai berhenti tepat didepan jalurku mengantri dan terbuka. Karena Tokyo adalah stasiun pertama untuk rute ini, tidak ada penumpang keluar yang harus diberi jalan. Saya segera masuk, dan mencari kursi yang pas. Kursi ideal untukku bukan masalah di sisi kanan atau kiri kereta, toh akhirnya pemandangan di kedua sisi dapat dinikmati saat perjalanan pulang. Yang penting bagi saya adalah, two seat atau three seat. Sebisa mungkin saya mencari two seat yang masih kosong. Bokong saya langsung mengklaim kursi empuk yang menempel ke jendela besar. Untuk sementara, saya bisa meletakkan sebagian barang di kursi satunya. Inilah pentingnya two seat. Saya berharap Hikari tidak terlalu penuh, sehingga saya bisa ‘menguasai’ kedua kursi. Ya kita lihat saja nanti.

Tidak sampai sepuluh menit, Hikari sudah berjalan ke arah selatan. Pengumuman dalam bahasa Jepang masih terus diulang-ulang, sesekali diiringi bahasa Inggris mengenai kewaspadaan terhadap ancaman teroris. Oh iya, walau tidak selalu, terkadang kondektur kereta mengecek karcis penumpang satu persatu. Saya siapkan tiket JR Pass di saku terdepan agar mudah dicari saat dibutuhkan. Saya nikmati pertunjukan alam dari kaca jendela, sambil sesekali memotret sebisanya. Belum setengah jam beranjak dari stasiun Shinagawa saya mengendus bau lezat dari arah depan. Sepertinya bento pertama di gerbong saya sudah dibuka, memberi sinyal pada perut saya untuk mulai keroncongan. Tak sabar saya pun membuka bento seharga 1000 yen pas itu. Agak mahal memang, karena saya pilih paket berisi unagi (belut bakar) dan bebas buta (pork). Menikmati bento ditemani pemandangan indah diatas kursi empuk dan ruangan sejuk belum lengkap tanpa sambal sachet dari Indonesia. Lidah jawa-melayu ini memang susah berpisah terlalu lama dengan pedas. Sambal sachet sama pentingnya dengan paspor bagi saya ketika travelling keluar negeri.

bento untuk makan siang

bento untuk makan siang

Setelah makanan tandas, saya bisa kembali berkonsentrasi dengan pemandangan. Saat ini sudah meninggalkan stasiun Nagoya. Keberagaman dan perbedaan pemandangan semakin terlihat. Tidak hanya landscape pemandangannya yang berubah, dari hutan beton, lalu pemukiman padat hingga pegunungan-sawah-kebun-sungai. Tetapi, yang paling menarik bagi saya adalah mengamati detil-detilnya.

Menukil Jepang dari jendela1

Menukil Jepang dari jendela1

Menukil Jepang dari jendela2

Menukil Jepang dari jendela2

Perbedaan bentuk dan warna perumahan. Keseragaman warna mobil dari kota sampai desa, sebagian besar putih. Pada lahan parkir raksasa yang cukup lowong, tetap saja orang Jepang parkir di tempatnya masing-masing. Walau spot parkir terdekat dengan pintu gedung kosong melompong, bila bukan miliknya, tidak ada yang berani menempatinya. Keragaman juga terlihat dari dinamika stasiun-stasiun kereta api dan karakter calon penumpang yang berpose di sepanjang peron. Satu hal mencolok adalah, semakin kereta menjauhi pusat-pusat kota maka dominasi pelancongnya bergeser ke usia lanjut. Dari opa berambut putih yang masih gagah dengan jas dan dasi, oma yang mengenakan rok selutut serta stoking hitam. Suami istri lansia yang tampak mesra minum teh dari botol yang sama, hingga oma berpunggung melengkung yang melancong sendirian terbungkuk-bungkuk ditopang tongkat kayu.

Lama-lama, panas juga rasa bokong ini duduk tiga jam lebih. Untung sudah mendekati Shin Osaka, saya merencanakan untuk turun. Kota Osaka yang laid back dan tempat kelahiran aneka hidangan lezat sudah saya kunjungi tahun lalu, namun rasanya kangen juga. Paling tidak saya ingin melihat pemandangan kotanya saja, atau bahkan menyerap ambiance dari stasiun besar itu saja.

Oh ya ampun, saya lupa dengan dua buah beban berat yang harus digotong kemana-mana. Akhirnya saya cukupkan dengan melihat-lihat di dalam stasiun Shin Osaka saja. Gaya berpakaian yang jauh berbeda dari komuter di stasiun Tokyo atau Shibuya. Saya bahkan menemukan dua band lokal yang perform di dua lokasi yang berbeda. Yang satu dengan gaya kasual kaus dan jeans, lainnya menggunakan Yukata motif lucu-lucu.

Irisan keindahan Jepang1

Irisan keindahan Jepang1

Irisan keindahan Jepang2

Irisan keindahan Jepang2

Begitulah cara saya mengiris Jepang seharian dengan Shinkansen. Waktu 1 hari hanya cukup untuk menjelajah hingga ujung selatan saja. Di beberapa stasiun yang menarik, saya turun melancong dan people watching saja. Lalu menunggu Hikari, Sakura atau Kodama berikutnya. Hanya berbekal selembar kartu saya bisa melihat wajah lain Jepang. Kota-kota lumbung padi, terlihat dari persawahan dan perluasan rumah kaca yang ekstensif. Kota-kota khusus pemukiman bagi tenaga kerja aneka pabrik di kota sebelahnya. Kota yang ditunjuk menjadi junkyard dipenuhi rangkaian besi tua sisa industri. Kota yang mempreservasi arsitektur kuno terlihat antik dan cantik dengan rumah-rumah tuanya.

Pukul 16.oo saya sampai di Hakata. Masih bisa sambung Kyushu Shinkansen sampai stasiun terujung di  Kagoshima-Chuo. Sayangnya sudah terlalu sore dan langit menggelap dengan cepat. Daripada terjebak badai di kota kecil, saya ingin segera sampai di Nagoya (tempat akomodasi saya selama 3 hari kedepan). Ternyata kereta paling awal yang dapat saya naiki ke arah Shin Osaka hanya ada Sakura dan Kodama. Saya sudah bersiap masuk ke Kodama dan bersiap menghadapi perjalanan yang lambat. Untung saja saya sempat melirik papan pengumuman, bahwa masih ada Sakura setelah ini. Langsung saya keluar dari antrian dan menunggu kereta berikutnya. Sampai di Shin Osaka, bergegas mengejar Hikari yang berangkat sebelum pukul 20.00 supaya bisa sampai ke Nagoya tidak lebih dari pukul 21.30.

Puas sudah seharian penuh membaca kilat keberagaman masyarakat Jepang dari jendela Shinkansen. Rencana saya berikutnya adalah menandai kota-kota yang menarik tadi untuk dimasukan dalam revisi itienary dan dijelajahi lebih dalam. Yang harus diingat, hati-hati dengan jadwal Hikari, Sakura, Kodama atau Tsubame yang lebih jarang ketersediaannya di pelosok Jepang. Contohnya, tidak ada jadwal Hikari di Hakata saat siang hingga menjelang sore. Memang digantikan fungsinya oleh Sakura, dan JR Pass masih bisa digunakan. Tetapi hal-hal kecil seperti ini penting diwaspadai supaya tidak panik. Catatan lain lagi adalah, sebisa mungkin manfaatkan toilet stasiun. Walau toilet dalam kereta bersih, buat saya tetap kurang nyaman.

Kalau ingin hemat, jangan membeli makan dan minuman diatas kereta. Bedanya bisa 200-300 Yen dengan warung di dalam stasiun. Untuk bento, toko yang berada di peron umumnya menjual sedikit lebih mahal dari yang dibagian dalam stasiun. Memang tidak banyak, sekitar 50-150 Yen. Untuk minuman, bila merasa kurang nyaman dengan air keran bisa beli di vending machine. Best deal minuman di vending machine untuk saya adalah Pocari Sweat botol besar seharga 120 Yen atau aneka jus buah produk Kirin dengan harga yang sama. Volumenya relatif lebih banyak dari yang lainnya, dan tidak bersifat diuretik seperti teh. Hati-hati dengan vending machine yang serba 100 Yen. Harga dimurahkan karena produknya sudah menjelang expired date.

Supaya tidak bosan, saat waktu tunggu diatas 20 menit saya lebih suka menikmati semangkuk soba atau udon di stasiun dari pada membeli bento. Harga relatif lebih murah, umumnya antara 300-600 yen tergantung lokasi stasiunnya, sudah mengenyangkan dan menghangatkan perut. Biasanya warung-warung di stasiun ini tidak menyediakan kursi. Jadi kita makan sambil berdiri. Justru yang seperti ini memberikan pengalaman tersendiri dan lebih murah daripada restoran yang menyediakan kursi.

Oh ya hampir lupa, pembuatan jalur kereta api lintas Jepang seperti Shinkansen banyak mengorbankan bukit dan pegunungan. Untuk mempersingkat jarak tempuh, dibuatkan rel kereta api dengan melubangi gunung. Sehingga semakin ke selatan akan makin banyak terowongan gelap yang dilalui. Jadi siap-siap menemukan hitam dan gelap pekat diluar jendela.

Advertisements

2 thoughts on “Mengiris dengan Shinkansen

  1. Hanny Sia

    Bisa recomendasikan beli JR pass d mana ya
    Trus kalo mau naik hikari, sakura, dll itu kita perlu request seat dulu atau bisa langsung ke stasiun shinkasennya
    Thanks

    • Halo Hanny,

      JR Pass bisa di beli di agen resmi, daftarnya coba cek disini http://www.japanrailpass.net/05/en05_1.html atau http://www.knt.co.jp/kokusai/leisure/jrp.html.
      Tahun 2011 dan 2012 saya beli dari PT Harumu Indah Sari, tapi dimana saja sama kok harganya. Nilai rupiahnya beda-beda tergantung kurs Yen yang dipakai agen tersebut saja.
      Bukti pembelian (Exchange order) yang kita dapat dari travel agen itu harus ditukar dulu dengan JR Pass sebelum kita bisa pakai gratis. Tukarnya di stasiun-stasiun besar seperti Tokyo, Shibuya, Shinagawa, dll. saya nggak pernah reserve seat selama pakai JR Pass. Tapi kalau mau aman, boleh-boleh saja.
      Tips: Kalau sudah punya JR Pass harus digunakan semaksimal mungkin supaya nggak mubazir. Termasuk gunakan juga untuk kereta non shinkansen dan bus JR.
      Selamat jalan-jalan!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s